Lion Air “Gemuk”, Sepinggan Makin Sibuk

lionair-agen.blogspot.com > berita > Lion Air “Gemuk”, Sepinggan Makin Sibuk

Lion Air “Gemuk”, Sepinggan Makin Sibuk - BALIKPAPAN, Armada Lion Air yang semakin “gemuk” bakal memberi dampak positif terhadap arus transportasi udara di Kaltim via Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan. Maskapai swasta terbesar di Indonesia ini baru saja membeli Airbus sebanyak 234 unit di Prancis, Senin (18/3). Bertambahnya “burung besi” milik Lion Air jelas akan berpengaruh pada jadwal penerbangan di Sepinggan. Jumlah keberangkatan yang saat ini mencapai 31 kali per hari dari Balikpapan, bakal bertambah sibuk, jika pesawat baru sudah mulai beroperasi.

Airport Manager Lion Air Faisal Paturusy mengatakan, selain 31 jadwal penerbangan di Sepinggan, ada tambahan tiga penerbangan lagi per hari dari anak perusahaan; Wings Air. Jadwal penerbangan Lion Air tiap hari mulai pukul 6.00 Wita hingga 21.00 Wita. “Bertambahnya pesawat baru jelas akan berdampak pada penambahan jadwal penerbangan,” katanya kepada Kaltim Post, Selasa (19/3).

pesawat [ lion air ]

Ya akan ada penambahan penerbangan, tapi Patur -- sapaan akrabnya -- belum bisa memastikan, bakal kebagian berapa banyak. “Yang pasti ada penambahan. Kalau berapa jumlahnya itu yang belum diputuskan,” ucapnya. Patur mengatakan, respons Lion Air di pasar Kaltim cukup baik. Keinginan warga menggunakan maskapai ini saat bepergian ke luar daerah juga sangat tinggi. Ini pula yang membuat Kaltim menjadi salah satu daerah prioritas bagi penerbangan Lion Air. Tentunya, itu juga yang menjadi salah satu alasan Lion Air akan menambah jadwal penerbangan.

Bertambahnya jadwal penerbangan akan berbanding lurus dengan akan beroperasinya terminal baru Bandara Sepinggan September tahun ini. Dengan begitu, waktu penerbangan Lion Air yang cukup padat di bandara terbesar di Kaltim itu pun tak akan terganggu.

Selain bertambahnya penerbangan, kata dia, waktu penerbangan pesawat di hampir semua daerah tujuan akan berubah. Saat ini di Bandara Sepinggan jam operasional dimulai pukul 06.00 Wita hingga 21.00 Wita. Setelah pesawat baru beroperasi, maka waktu penerbangan bisa lebih awal dan lebih lama. Rute penerbangan juga semakin “kaya”. Penerbangan dari Bandara Sepinggan ada 70-an daerah tujuan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Jumlah rute itu, ke depan juga bakal lebih banyak.

Sejumlah daerah di Indonesia yang belum dijangkau Lion Air melalui Bandara Sepinggan di antaranya, Denpasar dan Gorontalo. Saat ini dua daerah itu tak ada dalam daftar tujuan via Bandara Sepinggan. “Setelah ada penambahan pesawat baru, dua daerah itu bisa menjadi tujuan baru Lion Air via Bandara Sepinggan. Tak menutup kemungkinan ada tujuan lainnya,” jelas dia.

Secara umum, tambah dia, dengan adanya penambahan pesawat dari Lion Air, maka akan membuat jadwal penerbangan bertambah, intensitas kesibukan penerbangan pun semakin tinggi di Sepinggan. Untungnya bandara di selatan Balikpapan ini mulai mengoperasikan terminal baru jelang akhir tahun ini.

Sebelumnya, Lion Air kembali memecahkan rekor dunia pembelian pesawat. Kali ini dari Airbus sebanyak 234 unit, dan untuk pertama kalinya dilakukan di Palais de l'Elysee, Istana Presiden Prancis. Penandatangan pembelian dilakukan Presiden Lion Air Rusdi Kirana dan CEO Airbus Fabrice Bregier, disaksikan Presiden Prancis Francois Gerard Georges Nicolas Hollande, dan Dubes Indonesia untuk Prancis, Monaco, dan Andorra, Rezlan Ishar Jenie, di Istana Elysee, Paris, Senin (18/3) siang waktu setempat (malam Wita).

Pada 18 Oktober 2011 silam, Lion Air menggebrak dengan menandatangani pembelian 230 unit pesawat Boeing 737 900ER senilai USD 21,3 miliar (setara Rp 204 triliun) di Bali. Rekor itu kemudian dipecahkan Lion Air sendiri. Sebanyak 234 pesawat senilai USD 24 miliar (Rp 230,4 triliun) dibeli dari Airbus.

Airbus merupakan perusahaan milik bersama Jerman, Prancis, Inggris dan Spanyol. Tahun lalu AirAsia membeli 100 unit A320 senilai USD 9,4 miliar (Rp 90,24 triliun). Turkish Airlines menyatakan pembelian 117 unit A320 dan A320neo senilai USD 9,3 miliar (Rp 89,28 triliun) untuk pengiriman tahun 2015-2020.

Kali ini, Lion Air mencatat rekor baru pembelian pesawat di Airbus, sebanyak 234 unit senilai USD 24 miliar. Rekor ini lebih tinggi atas pembelian 50 unit Boeing 777-300LR oleh Emirates senilai USD 18 miliar (Rp 172,8 triliun). Juga mengalahkan rekor yang dibuat Lion Air sendiri, yakni pembelian 230 unit B737 900ER senilai USD 21,7 miliar.

Lion Air akan menerima pesawat A320neo dan A321neo mulai Juli 2013. “Tipe pesawat A320 ini hemat bahan bakar, sehingga memungkinkan Lion air beroperasi dengan biaya terendah dan tetap menawarkan tarif paling kompetitif di Asia,” kata Rusdi, seperti diberitakan sebelumnya.

sumber :
http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/15309/lion-air-gemuk-sepinggan-makin-sibuk.html
Tags:,

About Us - Kopas Brothers

lionair-agen.blogspot.com bukan merupakan situs resmi Lion Air, Blog ini merupakan Portal Informasi dan Berita terbaru! tentang Lion Air kami mengupdate setiap hari dan secara teratur setiap informasi terbaru dari maskapai penerbangan ini agar pengunjung blog ini dapat mengikuti perkembangan Lion Air.

Catatan! Semua informasi, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ].
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...