Berbagai aksi ekspansi Lion Air kuasai bisnis penerbangan

lionair-agen.blogspot.com > berita > Berbagai aksi ekspansi Lion Air kuasai bisnis penerbangan

Berbagai aksi ekspansi Lion Air kuasai bisnis penerbangan - Bisnis penerbangan nasional makin menggiurkan seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang bepergian menggunakan jasa angkutan udara. Persaingan bisnis antar maskapai penerbangan pun semakin ketat dan lebih terbuka.

Ceruk pasar yang besar dan disebut-sebut sangat potensial ini, membuat persaingan antar maskapai penerbangan semakin terbuka. Masing-masing maskapai tentu tidak ingin kehilangan pasarnya.

pesawat [ lion air ]

Berbagai daya dan upaya terus dilakukan oleh maskapai penerbangan. Aksi-aksi ekspansi yang dilancarkan oleh pelaku industri penerbangan, seolah menjadi psywar bagi pesaing-pesaingnya. Termasuk yang dilakukan oleh Lion Air.

Lion Air seolah selalu punya cara untuk melebarkan sayap bisnisnya dengan berbagai aksi korporasi yang membuat maskapai penerbangan lain yang menjadi pesaingnya 'panas'. Belum lepas dari ingatan kita saat Presiden Barrack Obama datang berkunjung ke Indonesia untuk menyaksikan secara langsung pembelian 100 pesawat Boeing yang dilakukan oleh Lion Air dan bekerja sama dengan perusahaan asal AS.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa aksi ekspansi lain yang dilakukan oleh sang pemilik Lion Air yakni Rusdi Kirana. Maskapai penerbangan yang mulai beroperasi pada tahun 2000 ini seolah tidak pernah berhenti memikirkan strategi untuk bisa menjadi maskapai penerbangan swasta terbesar.

Terlebih, saingannya saat ini, AirAsia secara terang-terangan menyatakan bakal bersaing dengan Lion. Berikut catatan aksi ekspansi bisnis Lion Air :

1. Borong 203 pesawat Boeing
Maskapai milik Rusdi Kirana ini telah membuat kesepakatan dengan perusahaan asal Amerika Serikat untuk membeli 230 unit pesawat Boeing senilai Rp 195 triliun. Kesepakatan ini disebut-sebut sebagai pembelian terbesar sepanjang sejarah Boeing.

Pesawat itu terdiri atas 201 jenis 737 Maxz dan 29 next generation 737-900 ERs yang akan datang mulai 2017 hingga 2025. Lion sendiri telah memesan pesawat Boeing sebanyak 178 pesawat sejak 2007-2017, sehingga total yang akan dimiliki Lion hingga 2025 sebanyak 408 pesawat Boeing.

Jumlah ini melebihi pesawat yang dimiliki maskapai terbesar saat ini, Garuda Indonesia. Bahkan, Lion juga berencana membeli 10 pesawat jenis Airbus A330 untuk penerbangan jarak jauh.
2. Pesan 200 pesawat Airbus
Untuk memperkuat armada miliknya, Lion Air disebut-sebut telah melakukan pemesanan 200 unit pesawat berjenis Airbus.

Tidak tanggung-tanggung, nilai transaksi untuk pembelian ini disebut-sebut mencapai USD 20 miliar atau sekitar Rp 194 triliun. Dikutip dari Reuters, pembelian ini sekaligus mencatatkan rekor pembelian.

Menurut sumber kantor berita tersebut, kesepakatan pembelian Airbus rencananya bakal diumumkan oleh Presiden Prancis Franciois Hollande, Senin (18/3).

Hollande dikabarkan akan bertemu dengan direktur eksekutif Airbus Fabrice Bregier untuk merayakan sukses pemesanan ini.
3. Lahirkan Malindo Air
Peta persaingan antara Lion Air dan AirAsia semakin ketat. Lion Air tidak ingin kalah pamor dari maskapai penerbangan tersebut. AirAsia berhasil memikat hati penumpang Indonesia.

Lion Air akhirnya memberanikan diri menantang AirAsia di rumahnya sendiri, Malaysia. Maskapai yang bernama PT Lion Mentari Airlines ini akan bekerjasama dengan pemerintahan Malaysia untuk membentuk maskapai dengan tarif rendah yang diberi nama Malindo Airways.

Malindo Air sudah siap take off. Pertengahan bulan ini, Malindo Air resmi beroperasi di Negeri Jiran, Malaysia.
4. Kuasai penerbangan domestik
Maskapai penerbangan Lion Air dinobatkan sebagai penguasa pasar penerbangan domestik sepanjang 2012. Indikatornya adalah maskapai milik Rusdi Kirana ini paling banyak menerbangkan penumpang domestik.

Dari data Kementerian Perhubungan, dari total jumlah penumpang domestik sepanjang 2012 yang mencapai 63,6 juta orang, Lion Air berhasil menerbangkan 23,93 juta penumpang.
5. Kuasai Bandara Soekarno Hatta
Aksi ekspansi bisnis Lion Air yang tidak berhenti membeli pesawat baru, membuat armadanya semakin banyak. Tambahan terminal baru bagi Lion Air di Bandara Internasional Soekarno Hatta pun telah disiapkan.

Tambahan terminal 1C untuk operasional Lion Air, semakin mengukuhkan maskapai ini sebagai maskapai yang menguasai Bandara Soekarno Hatta. Sebab, pesawat Lion Air terparkir dan beroperasi hampir di semua terminal bandara tersebut, mulai dari terminal 1 hingga terminal 3.

Hanya di terminal 2F saja yang sudah menjadi daerah kekuasaan maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia. Sementara di terminal lain, pesawat berlogo Singa Merah ini mendominasi lahan parkir pesawat.
sumber :
http://www.merdeka.com/uang/berbagai-aksi-ekspansi-lion-air-kuasai-bisnis-penerbangan.html
Tags:,

About Us - Kopas Brothers

lionair-agen.blogspot.com bukan merupakan situs resmi Lion Air, Blog ini merupakan Portal Informasi dan Berita terbaru! tentang Lion Air kami mengupdate setiap hari dan secara teratur setiap informasi terbaru dari maskapai penerbangan ini agar pengunjung blog ini dapat mengikuti perkembangan Lion Air.

Catatan! Semua informasi, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ].
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...