Kalah Jumlah Penumpang dari Lion Air, Garuda Juara On Time

lionair-agen.blogspot.com > berita > Kalah Jumlah Penumpang dari Lion Air, Garuda Juara On Time

Jakarta : Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk masih menjadi maskapai paling tepat waktu dengan memiliki Tingkat On Time Performance (OTP) tertinggi di 2012.

Meski untuk jumlah penumpang Garuda Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Lion Air, menurut data Kementerian Perhubungan.

pesawat [ lion air ]

Garuda Indonesia memiliki tingkat OTP yang paling tinggi di antara 6 maskapai lain dengan pangsa pasar (market share) domestik di atas 3% dari lainnya yaitu 84,96%.

"Sementara itu, Merpati Nusantara menempati posisi terendah dengan 69,76%," ujar Direktur Angkutan Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Djoko Murjatmodjo dari situs resmi Kementerian Perhubungan, Jumat (8/2/2013).

Dia menjelaskan maskapai dengan tingkat OTP di bawah Garuda Indonesia adalah Wings Air dengan OTP 80,77%, diikuti Sriwijaya Air dengan OTP 79,77%, Lion Air dengan OTP 73,95%, dan Batavia Air dengan 71,98%.

"Sebagian besar keterlambatan penerbangan disebabkan faktor-faktor lain yaitu faktor-faktor selain faktor teknis operasional, non teknis operasional, dan faktor cuaca sebesar 40.349 (39%) keterlambatan.

Sedangkan penyebab keterlambatan terbanyak ke-2 , menurut Djoko, disebabkan faktor non teknis operasional sebesar 33.563 (32,44%).

Keterlambatan penerbangan yang disebabkan oleh faktor non teknik operasional misalnya keterlambatan awak kabin karena transportasi, keterlambatan dari bandara asal, over booking, connecting flight crew, menunggu pembuatan dokumen penerbangan (airline performance).

Penyebab keterlambatan penerbangan ke-3 adalah faktor teknis operasional sebesar 23.606 (22,82%) diantaranya yaitu terjadinya antrian pesawat udara lepas landas (take off).

Hal lain perihal pendaparatan (landing), atau alokasi waktu keberangkatan (slot time) di bandar udara (airport performance).

Berikut daftar penumpang pesawat terbanyak per tahun 2012 :
  1. Lion Air, dengan jumlah penumpang paling tinggi 23,93 juta.
  2. Garuda Indonesia 14,07 juta penumpang
  3. Sriwijaya Air 8,1 juta penumpang
  4. Batavia Air 6,01 juta penumpang
  5. Merpati Nusantara Airlines 2,11 juta penumpang.
sumber :
http://bisnis.liputan6.com/read/507120/kalah-jumlah-penumpang-dari-lion-air-garuda-juara-on-time
Tags:,

About Us - Kopas Brothers

lionair-agen.blogspot.com bukan merupakan situs resmi Lion Air, Blog ini merupakan Portal Informasi dan Berita terbaru! tentang Lion Air kami mengupdate setiap hari dan secara teratur setiap informasi terbaru dari maskapai penerbangan ini agar pengunjung blog ini dapat mengikuti perkembangan Lion Air.

Catatan! Semua informasi, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ].
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...