Polisi Kupang Gagalkan Upaya Trafficking

lionair-agen.blogspot.com > berita > Polisi Kupang Gagalkan Upaya Trafficking

Polisi Kupang Gagalkan Upaya Trafficking - KUPANG - Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (31/1), menggagalkan pemberangkatan lima gadis di bawah umur yang akan dipekerjakan di Jakarta.

"Kami amankan mereka karena tidak memiliki dokumen ketenagakerjaan," kata Kepala KP3 Bandara El Tari Kupang Iptu Martin Koang kepada Tempo di Kupang, Senin (31/1).

Lima gadis tersebut adalah Emerelda Fatima, 13 tahun; Beatriks Martis, 15 tahun; Felisitas Yosep Funan, 17 tahun; Maria Anita Soik, 19 tahun; dan Alviana Abuk, 19 tahun.

Menurut Martin, rencanannya diberangkatkan ke Jakarta untuk dipekerjakan sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT). Mereka saat itu sudah bersiap-siap melakukan chek-in untuk diberangkatkan menggunakan pesawat Lion Air.

Selain tidak miliki dokumen, lanjutnya, kelima gadis asal Kabupaten Belu ini juga tidak miliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat ijin dari orang tua.

Polisi juga menahan Adriana Redriquez, 43 tahun. Warga Atambua, Kabupaten Belu tersebut bertindak sebagai perekrut para gadis. Saat itu Adriana juga akan ikut terbang untuk mengantar para gadis itu ke Jakarta.

Saat ini kelima gadis serta Adriana Redriquez sudah diserahkan ke Kepolisian Daerah NTT untuk diproses lebih lanjut.

Maria Anita Soik, salah seorang gadis mengatakan untuk pekerjaan sebagai PRT, dia dijanjikan gaji Rp 500 ribu per bulan.

Sementara itu, Adriana Redriquez mengatakan dirinya diperintahkan ibu Lili yang kini berada di Jakarta untuk mencari gadis-gadis yang akan dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga.

Adriana membantah melakukan pungutan terhadap para gadis yang direkrutnya. Seluruh biaya keberangkatan kelima gadis itu dari kampung halaman di Kabupaten Belu hingga Jakarta ditanggung ibu Lili. "Saya diperintahkan ibu Lili untuk mencari gadis-gadis di NTT. Biaya keberangkatan ditanggung Ibu Lili," katanya.

Berdasarkan data Tempo, penggagalan upaya trafficking sudah berulangkali terjadi. Sabtu, 28 Januari 2011 lalu digagalkan keberangkatan 18 orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Terdiri dari 17 laki-laki dan seorang perempuan. Usia mereka rata-rata di bawah 20 tahun.

Warga asal Kabupaten Belu tersebut rencananya diterbangkan ke Palembang, Sumatera Selatan.

Sumber :
http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa_lainnya/2011/01/31/brk,20110131-310082,id.html
Tags:,

About Us - Kopas Brothers

lionair-agen.blogspot.com bukan merupakan situs resmi Lion Air, Blog ini merupakan Portal Informasi dan Berita terbaru! tentang Lion Air kami mengupdate setiap hari dan secara teratur setiap informasi terbaru dari maskapai penerbangan ini agar pengunjung blog ini dapat mengikuti perkembangan Lion Air.

Catatan! Semua informasi, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ].
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...