Lion Air Gandeng Mandiri Layani Transaksi Online - JAKARTA : Maskapai penerbangan Lion Air menggandeng Bank Mandiri dalam pelayanan transaksi pembelian tiket pesawat secara elektronik (online). Layanan terintegrasi dengan 4.000 agen perjalanan di seluruh Indonesia ini bertajuk Host To Host Top Up. Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) oleh Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri Sunarso dan Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana di Gedung Plaza Mandiri Jakarta, Rabu (2/2).
Melalui layanan online ini, seluruh agen perjalanan dapat melakukan penyetoran deposit pembelian tiket. Dengan ini transaksi mitra bisnis Lion Air akan lebih mudah dengan frekuensi tinggi, karena terintegrasi dengan Bank Mandiri. Manajemen Lion Air sendiri juga bisa mengetahui lebih awal data finansial.
Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri Sunarso menjelaskan, kerja sama ini dapat menjawab kebutuhan Lion Air untuk solusi manajemen keuangan yang terbaik dan terpercaya. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini. "Skala bisnis Lion Air yang berkembang pesat menuntut Bank Mandiri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari hubungan bisnis yang telah terjalin. Selama ini Bank Mandiri menyediakan layanan pembayaran tiket pesawat melalui ATM. Tentunya kami berkeinginan untuk memperkuat kerja sama dengan inovasi layanan lainnya," katanya.
Menurut dia, Lion Air merupakan perusahaan penerbangan domestik dengan jumlah penumpang terbanyak di Indonesia dan mengalami peningkatan bisnis yang signifikan dalam satu dekade terakhir. Ini dilakukan melalui penerapan strategi bisnis dengan penekanan efisiensi tanpa mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan penerbangan.
Saat ini, Lion Air bersama Wings Air mengoperasikan 79 pesawat dan akan menambah 22 pesawat pada 2011. Lion Air dan Wings Air melayani 54 kota tujuan di seluruh Indonesia serta 5 kota tujuan regional/international dengan frekuensi 3.033 penerbangan per pekan. Penambahan armada ini untuk memperluas daerah operasi dan peningkatan pelayanan kepada para pengguna transportasi udara. Wings Air juga berperan sebagai pengumpang (feeder) penerbangan Lion Air.
Sementara itu, Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana mengatakan, Lion Air butuh perbankan yang punya jaringan di seluruh Indonesia dan sistem teknologi informasi yang kuat. Ini untuk menciptakan efisiensi dan kelancaran dalam seluruh transaksi keuangan perusahaan.
"Dukungan jaringan dan teknologi yang dimiliki Bank Mandiri akan menjadi jawaban atas kebutuhan solusi keuangan yang tepat. Ini untuk memperkuat kiprah perusahaan, tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional," kata Rusdi.
Sumber :
http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=272028